Jumat, 15 Desember 2017



Program Studi

1. Program Studi

1.1  Agribisnis

1.2  Agroteknologi

 

2.   Akreditasi

2.1  Agribisnis

Akreditasi B

SK BAN-PT NOMOR : 121/SK/BAN-PT/Ak-SURV/III/2015

2.2  Agroteknologi

Akreditasi B

SK BAN-PT NOMOR : 456/SK/BAN-PT/Ak-SURV/V/2015

3.      Prospek

a.       Peluang Beasiswa

b.      Studi ke Luar Negeri

c.       Kerja di Kampus

Sistem pengelolaan program studi merupakan suatu kesatuan atau rangkaian yang tidak terpisahkan dengan pengelolaan di tingkat Fakultas dan Universitas. Pengelolaan yang berkesinambungan dari tingkat rendah secara berjenjang turut menentukan keberhasilann visi, misi, dan tujuan institusi yang sudah ditentukan, Sistem pengelolaan fakultas didasarkan pada jobdescription masing-masing unsur pimpinan. Berbagai bentuk aktivitas diawali dengan rapat kerja tahunan yang menghasilkan program kerja fakultas yang mengacu pada renstra universitas. Dalam penyusunan renja fakultas didahului dengan rapat kaprodi untuk memetakan aktivitas satu tahun ke depan. Rapat program kerja program studi berasal dari dosen melalui rapat dengan para dosen. Renja ditetapkan oleh Dekan dan menjadi pedoman dalam aktivitas di fakultas.

Pengawasan pelaksanaan program kerja dilakukan di lingkup fakultas oleh dekan yang terkait. Semua sistem pengelolaan iitu berlaku efektif untuk tingkat internal mapun eksternal.  Untuk itu pimpinan Fakultas dengan selalu berkoordinasi dengan pimpinan universitas dan stakeholder terkait sistem pengelolaan tersebut, yang meliputi :

  1. Perencanaan : mencakup program pendidikan meliputi kurikulum yang dilakukan oleh unit-unit kerja terkait  (Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap, Ketua program studi ,Sekretaris Program Studi, Dekan hingga Rektor) sesuai dengan kewenangannya secara terkoordinasi. Selain itu perencanaan atas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bekerjasama dengan LPPM UMSB, dan juga bekerjasama dengan pihak terkait lainnya di luar UMSB.
  2. Pengorganisasian: Dalam rangka pencapaian visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan sangat diperlukan suatu sistem pengorganisasian kerja yang kuat. Distribusi tugas dan tanggungjawab dilaksanakan dengan pendekatan kolektivitas agar adanya kebersamaan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.
    1. Pengembangan Staf:dilakukan melalui peningkatan keterampilan teknis, teoritis, konseptual dan moral staf yang ada pada tingkat fakultas melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan tersebut  harus sesuai dengan kebutuhan, spesifikasi dan keahlian staf yang ada pada program studi.
    2. Pengarahan: kegiatan menggerakkan dan mengarahkan seluruh aktivitas staf/bawahan agar mau bekerjasama serta  bekerja efektif dan efisien guna membantu tercapainya tujuan fakultas.
    3. Pengawasan; yaitu melakukan monitoring terhadap seluruh aktifitas akademik baik yang dilakukan oleh tenaga pendidik maupun oleh tenaga kependidikan. Pengawasan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah staf/bawahan sudah bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya. Implementasi dari pengawasan adalah melakukan Monitoring dan evaluasi sesuai dengan pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi, dengan cara sebagai berikut.
  3. Mekanisme rapat rutin. Meliputi rapat dosen prodi secara keseluruhan, rapat koordinator mata kuliah paralel dan rapat laboratorium.
  4. Mekanisme monitoring kehadiran dosen mengajar, yaitu Sub Bagian Administrasi Perkuliahan melaporkan rekapitulasi kehadiran dosen dan memberikan foto kopi kehadiran kepada Ketua Program Studi dan kemudian menjelang akhir semester dibawa kerapat Fakultas. Mekanisme monitoring kehadiran mahasiswa, mencakup (a) Dosen pengajar mencatat kehadiran mahasiswa secara manual pada saat perkuliahan dilaksanakan, (b) Bagian administrasi perkuliahan merekapitulasi kehadiran mahasiswa pada setiap kuliah secara manual dan menyampaikan hasilnya kepada dosen yang bersangkutan dan kepala keuangan, (c) Menjelang pelaksanaan UAS, dosen dapat menganalisis kehadiran perkuliahan mahasiswa yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat untuk mengikuti ujian.
  5. Mekanisme untuk memperoleh umpan balik dari dosen sejawat dan mahasiswa mengenai pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar (PBM). Untuk memantau kesesuaian pemberian materi perkuliahan dengan SAP, maka secara rutin menjelang UAS dilakukan evaluasi oleh Ketua Program Studi atas materi yang diberikan.Setiap akhir semester prodi juga membagikan angket kepada  mahasiswa untuk mengevaluasi proses belajar mengajar yang dilakukan dosen. Bagi dosen yang tidak memenuhi standar kualitas yang ditentukan, akan diberikan sanksi berupa pengurangan mata ajar dan peringatan secara lisan.
  6. Mekanisme pelaksanaan kegiatan memperkenalkan calon lulusan kepada dunia kerja, serta memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan. Hal ini dilakukan antara lain dengan mengumpulkan berbagai informasi dari masyarakat pengguna lulusan untuk kemudian memasang pengumuman-pengumuman tentang lowongan kerja dan pemagangan. Penelusuran (pelacakan) alumni secara rutin dilakukan setiap dua tahun sekali, hal yang sama juga dilakukan terhadap masyarakat pengguna lulusan guna mendapatkan berbagai masukan/saran dan keluhan dalam rangka penyempurnaan proses belajar mengajar

 

Penerapan punishment/tentunya dilakukan sebagai langkah akhir dan telah dibicarakan secara terbuka, transparan, dan adil. Sebaliknya, bila para civitas akademika di program studi dapat dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik, maka prodi dapat memeberikan reward yang sebanding dengan usahanya. Penghargaan diberikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan semangat dan kinerja civitas akademika prodi untuk peningkatan mutu kinerja, kepentingan jangka panjang dan keberlanjutan Fakultas yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

d. Prospek Setelah Lulus

Alumni Fakultas Pertanian telah banyak berperan dan bekerja di berbagai instansi-instansi yang ada dan wirausaha seperti : Departemen Pertanian, Balai Penelitian Pertanian, Perguruan Tinggi Negeri Maupun Swasta, Perbankan, Koperasi, Perikana, Agro Industri, Supermarket, Wiraswasta, Sosial Ekonomi Pertanian.





Info