Jumat, 15 Desember 2017



Dokumen dan Panduan

a.  Panduan Akademik

Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat membuat kebijakan dan peraturan-peraturan yang tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah dan peraturan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kebijakan dan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh UMSB seperti : kebijakan dan peraturan proses pembelajaran yang dituangkan dalam Buku Panduan Akademik UMSB, dan Pedoman Akademik FAPERTA UMSB. Untuk upaya preventif dan penerapan sanksi akademis atas prilaku indisipliner mahasiswa diterbitkan SK Rektor yang mengatur tentang Tata Tertib Mahasiswa. Kebijakan dan peraturan ini disosialisasikan dengan cara antara lain membagikan Buku Panduan Akademik UMSB, Buku Pedoman Akademik FAPERTA UMSB, dan  Tata Tertib Mahasiswa kepada dosen dan mahasiswa pada setiap awal tahun akademik, dan melalui rapat-rapat atau pertemuan-pertemuan dengan dosen dan mahasiswa.

Di samping itu, kebijakan yang sifatnya teknis dan hanya berlaku di tingkat fakultas dan program studi dikeluarkan oleh dekan melalui penerbitakan SK Dekan, Surat Edaran, atau pengumuman-pengumuman.

 

 b. Panduan Kemahasiswaan

Kebijakan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa (mencakup mutu prestasi dan reputasi akademik serta bakat pada jenjang pendidikan sebelumnya, equitas wilayah, kemampuan ekonomi dan jender).

Efektivitas implementasi sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa untuk menghasilkan calon mahasiswa yang bermutu diukur dari jumlah peminat, proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima dan yang registrasi.

 

Seleksi calon mahasiswa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh Universitas, beberapa keunggulan dalam seleksi calon mahasiswa adalah:

  1. Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru: Mahasiswa baru diterima melalui beberapa jalur, yaitu: 1) Jalur tanpa tes bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik di sekolah yang diukur dari nilai rapor dengan peringkat 5 besar memberikan keringanan dan kemudahan seleksi untuk calon ranking 1-5 di SMA/Sederajat, diskon uang pendaftaran dan uang pembangunan sebesar 50% bagi ranking di kelas dan anggota Muhammadiyah, beasiswa dan kemudahan lainnya. 2) Jalur Tes melalui tes yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru tingkat Universitas. Tes tersebut mencakup: Tes Kemampuan Umum, dan Bahasa Inggris. 3) Bagi mahasiswa Transfer berlaku aturan sebagai berikut: - mahasiswa harus berasal dari program studi yang sejenis dan memiliki peringkat akreditasi minimal sama dengan program studi yang dituju; dan             - mahasiswa yang dari program studi yang tidak relevan dengan program studi yang dituju harus mengulang dari awal, atau jika dikonversi, hanya mata kuliah yang terdapat pada program studi yang dituju.  
  2. Kriteria Penerimaan: 1) Memiliki ijazah yang sah dari SMA/SMK atau sederajat; 2) Memenuhi semua persyaratan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 3) Bebas Narkoba; dan 4) Lulus Tes atau tanpa tes sesuai dengan kebijakan di poin a.
  3. Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan dalam 2 (dua)gelombang. Gelombang pertama mulai bulan Maret  s.d Juli, Gelombang  kedua mulai Agustus s.d September. Prosedurnya sebagai berikut:1) Setiap calon mahasiswa wajib membeli formulir pendaftaran secara langsung; 2) Calon mahasiswa tanpa tes dapat langsung mengisi formulir Registrasi dan melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sedangkan bagi mahasiswa yang menempuh jalur tes harus menunggu pengumuman hasil tes; dan 3) Mahasiswa yang dinyatakan lulus tes wajib mengisi formulir Registrasi dengan melengkapi seluruh persyaratan administrasi.

 

 

Data mahasiswa reguler dan mahasiswa transfer untuk masing-masing program studi S1 pada TS (tahun akademik penuh yang terakhir) di Fakultas Pertanian seperti tabel berikut :

 

No.

Hal

Jumlah Mahasiswa pada PS:

Total Mahasiswa

pada Fakultas

PS-1 

Agroteknologi

PS-2

Agribisnis

 

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(8)

1

Program reguler

1. Mhs. baru bukan transfer

15

14

29

2. Mhs. baru transfer

5

3

8

3. Total mhs. regular (Student Body)

75

75

150

2

Program non-reguler

1. Mhs. baru bukan transfer

 

 

 

2. Mhs. baru transfer

 

 

 

3. Total mhs. non-reguler (Student Body)

 

 

 

Catatan:

(1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, di seluruh kampus).

(2) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.

 Alasan/pertimbangan Fakultas Pertanian dalam menerima mahasiswa   transfer, dan alasan mahasiswa melakukan  transfer.

 

Mahasiswa transfer diterima adalah karena banyaknya alumni yang berkualifikasi D2 dan D3 untuk program studi yang memiliki latar belakang bidang ilmu yang sesuai, dari berbagai perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Mahasiswa transfer dengan bidang ilmu serumpun seperti pertanian, dilakukan seleksi wawancara dan seleksi nilai yang akan mendukung terhadap kelangsungan studi calon mahasiswa tersebut.

 

Sedangkan alasan mahasiswa melakukan transfer di FAPERTA UMSB karena :

  1. Ketersediaan sumber dan fasilitas belajar yang dimiliki FAPERTA cukup memadai, yang dapat memberikan layanan bagi mahasiswa transfer.
  2. Mahasiswa melakukan transfer karena FAPERTA UMSB merupakan lembaga yang dipercaya pemerintah dengan melahirkan Alumni-Alumni yang berkualitas.
  3. Adanya kepentingan dinas. Faktor ini mendorong FAPERTA UMSB untuk menerima mahasiswa pindahan atau transfer, karena banyak keluarga yang pindah alamat atau pindah tempat domisili, dan mereka membawa serta keluarganya. Untuk melanjutkan studi mereka harus mencari perguruan tinggi yang dapat menampung kelanjutan studi anggota keluarga mereka. Untuk itu FAPERTA UMSB menerima mahasiswa pindahan. 




Info